Tujuh Cara Agar Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan

Setiap orang tua tentu ingin memiliki buah hati yang cerdas ketika besar nanti. Ada berbagai cara yang dilakukan oleh pasangan yang tengah karuniai momongan dalam rahimnya untuk membuat anak mereka menjadi sosok yang cerdas.

Persiapan demi persiapan pun dilakukan, bahkan ketika si anak tersebut masih berada dalam kandungan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pilihan yang dibuat saat hamil ternyata sangat mempengaruhi kecerdasan yang dimiliki oleh anak.

Tujuh Cara Agar Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan
Bunda, ternyata otak bayi tumbuh dengan sangat besar sejak berada dalam kandungan ibunya. Untuk itu harus dilakukan beberapa cara agar mereka terlahir menjadi anak yang cerdas. Ayo bunda simak tujuh hal yang bisa dilakukan agar anak cerdas sejak dalam kandungan berikut ini.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Ketika masa kehamilan hal yang perlu diperhatikan akan sumber makanan yang dikonsumsi oleh si ibu. Saat hamil, ada banyak untuk menambah porsi konsumsi buah serta sayuran. Vitamin yang ditemukan di dalam makanan sehat lebih mampu mendukung perkembangan otak bayi jika dibandingkan junk food atau yang lainnya.

Tidak cukup konsumsi buah dan sayur saja. Ternyata ibu hamil juga harus memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Nutrisi ini merupakan ‘makanan otak’ penting untuk perkembangan bayi. Asam lemak omega-3 ini banya ditemukan di ikan dan suplemen minyak ikan.

Selain itu, ibu hamil juga harus mengonsumsi telur. Sebab, telur menjadi sumber kolin yang baik bagi bayi. Kolin ini dapat meningkatkan fungsi otak dan perkembangan memori dalam perkembangan bayi di dalam kandungan.

2. Yoga Prenatal

Tidak hanya sisi makanan saja yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Ternyata mereka juga harus mengikuti berbagai macam kegiatan yang bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang bayinya. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti yoga prenatal.

Mengikuti kelas yoga prenatal ini juga baik bagi perkembangan otak bayi. Seorang wanita yang sedang hamil cenderung sering mengalami emosi yang negatif, seperti stres, gugup atau kemarahan. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi perkembangan emosi si jabang bayi.

Padahal sebenarnya, anak yang mempunyai emosi yang lebih santai akan lebih mudah menerima pelajran di sekolah. Sehingga akan membuat mereka bertambah kecerdasannya. Dengan mengikuti kelas yoga secara teratur, tidak hanya akan membuat ibu hamil bersantai, tapi juga meregangkan otot-otot, yang membuat ibu hamil merasa lebih nyaman.

3. Mendengarkan Musik Klasik


Cara ketiga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil agar memiliki anak yang cerdas adalah dengan mendengarkan musik klasik. Kegiatan ini dapat dilakukan untuk mengiringi aktivitas sehari-hari. Kebiasaan inin dapat membantu jembatan saraf di otak bayi.

Namun, jika bunda tidak suka mendengarkan musik klasik, bisa menggantinya dengan musik yang lebih menenangkan. Intinya adalah, mendengarkan musik dapat membuat ibu hamil menjadi lebih tenang dan nyaman. Hal ini tentu saja akan berpengaruh kepada janin.

Dalam pandangan islam cara mencerdaskan otak anak sejak dalam kandungan yaitu dengan selalu mendengarkan maupun membaca Al Quran setiap hari saat hamil.

4. Sering Mengajak Janin Bicara

Ternyata, janin yang sedang berkembang di dalam rahim itu dapat mendengar suara dari luar rahim. Hal ini dapat terjadi ketika usia kandungan berumur 23 minggu. Akan tetapi, kemampuan mendengar ini sangat terbatas, hanya bisa membedakan suara ibunya. Untuk itu, biasakanlah berkomunikasi dengan janin ketika masih berada dalam kandungan.

5. Merangsang Bayi

Studi Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychology menyarankan bahwa cahaya redup bisa merangsang bayi saat diletakkan dekat dengan perut ibu. Untuk itu, hindarilah memberikan bayi cahaya terang karena dapat membahayakan mata bayi.

Selain itu, jika bunda merasakan respin berupa gerakan menendang atau bergerak dari dalam perut, maka usahakanlah untuk menyentuh perut dengan lembut. Sebab hal ini bisa juga merangsang si buah hati.

6. Hindari Kontaminan

Cara selanjutnya untuk membuaat bayi agar cerdas sejak dlam kandungan adalah dengan menghindari kontaminan seperti obat-obatan, alkohol, asap rokok dalam lain sebagainya. Hal ini terbukti dapat berbahaya bagi perkembangan otak bayi di dalam rahim.

7. Melahirkan Cukup Bulan

Cara yang terakhir adalah melahirkan cukup bulan. Science Daily melaporkan bahwa bayi yang lahir prematur tidak memiliki tingkat perkembangan otak yang sama dibandingkan bayi yang lahir cukup bulan. Untuk itu, meskipun bayi akan lahir ketika dia sudah siap namun bund tetap harus waspada dan berhati-hati untuk menghindari kondisi yang mungkin membuat bunda harus melahirkan terlalu dini.

Demikianlah ulasan mengenai tujuh cara agar anak cerdas dalam kandungan. Tidak hanya membuat cerdas, cara-cara di atas juga membantu dalam mengoptimalkan tumbuh kembang bayi hingga terlahir ke dunia. Jangan lupa dipraktekkan di rumah ya bunda.

7 Responses to "Tujuh Cara Agar Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan"

  1. Amiin. YaAllah semoga anakku nanti jd anak yg cerdas,baik hati jg baik rupa Amiin yaAllah...

    ReplyDelete
  2. Semoga bisa segera menerapkan info ini... aamiin...

    ReplyDelete
  3. Amiin mudah2an bisa lhir dg selamt d mnjdi ank yg tangkas

    ReplyDelete
  4. Bagus artikelnya dan saya suka tulisan Anda karena sangat membantu Para Pembaca seperti sy yang masih belajar .

    Promo Umroh Desember
    Terima kasih
    oleh : Wasbir21

    ReplyDelete